7 Tips Cerdas Desain Interior Apartemen Studio Agar Terlihat Luas

Saat ini keberadaan apartemen sudah mulai menjamur di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Keterbatasan lahan membuat harga tanah dan properti di Jakarta semakin mahal, hal itulah yang mendorong sebagian besar warga Jakarta lebih memilih apartemen.
Apartemen tipe studio saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat yang membutuhkan hunian di tengah kota. Selain harganya terjangkau, apartemen tipe studio dinilai praktis dan mudah dibersihkan karena hanya memiliki luas ruangan yang terbatas.
Namun dengan luasan sekitar 20 sampai 26 meter persegi ini, membuat kita harus pandai-pandai mendesain interior apartemen agar tidak terlihat sempit.
Yuk simak, 7 Tips berikut ini:

1. Pemisah Ruangan

desain interior

Apartemen tipe studio hanya memiliki satu ruangan tanpa pembatas kecuali pada kamar mandi. Dengan minimnya area yang ada mengharuskan kita untuk pandai dan kreatif dalam mendekorasi, terutama pada pemisah ruangan.
Tentukan dulu tujuan dari memisahkan area, dan area apa yang akan diberi pemisah.  Jika Anda ingin menggunakan pemisah ruangan, gunakanlah tirai atau partisi kaca, agar tidak menambah sempit ruangan.  Anda bisa menempatkannya diantara kamar tidur dan ruang tamu. Anda juga bisa menempatkan lemari diantara dapur dan area makan sebagai penyimpanan ekstra.

2. Gunakan Furniture Multifungsi

Gunakan tempat tidur yang bisa dilipat menjadi sofa ketika menonton tv atau gunakan meja makan yang menempel di dinding dan bisa dilipat, sehingga tidak memakan banyak ruangan ketika tidak digunakan. Anda juga bisa menggunakan ranjang yang dibawahnya terdapat rak-rak penyimpanan.
Apapun barang yang dipilih, pastikan sesuai dengan ukuran ruangan. Furniture tebal dan besar dapat membuat ruang tamu terlihat sempit.

3. Maksimalkan Area Tak Terpakai

Identifikasi ruang mati atau ruangan yang tidak memiliki fungsi khusus. Pikirkan tentang sudut tak terpakai dan dinding kosong, kemudian cobalah untuk memaksimalkannya agar mendapatkan fungsi yang berguna.

4. Gunakan Penyimpanan Vertikal

desain interior

Tempat penyimpanan berbentuk vertikal atau horizontal sangat cocok bagi apartemen tipe studio karena dapat membantu memaksimalkan area sempit. Misalnya, menempatkan dua rak buku tampilan built-in pada kedua sisi pintu.

Selain itu, manfaatkan juga dinding kosong sebagai tempat persembunyian furnitur lipat. Seperti meja makan atau kasur lipat.

5.Tambahkan Kesan Lengkung

Karena sebagian besar apartemen studio cenderung berbentuk kotak, Anda dapat memanfaatkan perabotan agar memberikan kesan lengkung. Menurut konsultan ruangan-kecil, Libby Langdon, agar tak terlihat monoton, tambahkan furnitur berkelok (misalnya meja makan bulat atau sofa dengan sisi miring).
Setelah menemukan bentuk yang sesuai kebutuhan, pastikan menggunakan bentuk yang sama pada aksesoris lain. Daripada memilih cermin kamar mandi dalam bentuk polos, cobalah cermin berbentuk bulat.

6. Ilusi Mata dengan Cermin

Memasang cermin di apartemen merupakan solusi cerdas agar memberikan ilusi ruangan yang terlihat lebih besar. Selain itu, penggunaan cermin juga membawa manfaat lainnya, yaitu membuat ruangan lebih cerah dan hidup dengan adanya pantulan cahaya. Anda bisa menggunakan cermin berukuran besar yang ditempel di dinding. Secara langsung, ini akan memberi kesan bahwa ruangan tersebut adalah ruangan yang besar.

7. Pilih Furniture dengan Ukuran yang Sesuai


Menurut ahli desain interior, Abbe Fenimore, penggunaan skala furnitur yang salah di apartemen studio atau ruang-ruang kecil merupakan kesalahan terbesar. Jangan gunakan ukuran furnitur terlalu kecil atau terlalu besar, karena akan membuat ruangan terlihat lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Hindari ruangan yang penuh sesak akibat terlalu banyak furnitur.

Komentar

Postingan Populer