Istilah Apa Aja Sih Yang Ada Di Dunia Properti? Yuk Cari Tau Disini

Istilah Dalam Dunia Properti

Dunia bisnis memang tidak ada habisnya. Mulai dari manufaktur, jasa, properti, pertanian, hingga pertambangan, semuanya memberikan keuntungan. Namun, ada satu bidang yang makin hari makin diminati oleh orang banyak yaitu properti.

Investasi di bidang properti semakin diminati karena harganya yang selalu naik setiap tahun. Hal inilah yang membuat para investor tergiur dengan bisnis properti karena potensi keuntungannya yang tinggi.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk memulai investasi properti, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai bisnis ini, salah satunya adalah istilah yang sering digunakan. Lalu, apa saja sih istilah-istilah properti tersebut?

Booming Property

Booming property adalah istilah yang menggambarkan bahwa sedang terjadi kelonjakan pembelian pada produk properti.

Property Crash

Kebalikan dari booming, property crash menggambarkan bahwa sedang terjadi kegoncangan properti yang biasanya dipicu oleh ketidakstabilan ekonomi. Situasi ini akan membuat harga properti jadi melonjak tajam atau turun drastis.

Sunrise Property

Sunrise property adalah properti baru yang kenaikan nilainya stabil dan berkembang. Bila mengacu pada lokasi, maka ini mengambarkan kawasan modern direhabilitasi atau daerah baru yang berkembang signifikan.

Sunset Property

Kebalikan dari sunrise property, sunset property cenderung berusia tua, kualitasnya menurun dan biasanya kurang baik secara ekonomi. Secara lokasi, menggambarkan kawasan yang kurang mendukung, seperti akses sulit, lingkungan tidak aman dan sebagainya.

Return on Investment (ROI)

ROI adalah singkatan atau istilah yang digunakan sebagai ukuran untuk menentukan keuntungan atau nilai dari investasi properti. Rumus ROI adalah (laba – investasi) / total investasi x 100%.

Capital Gain

Capital gain adalah istilah yang menggambarkan keuntungan yang didapat investor dari kenaikan harga properti. Keuntungan tersebut dibandingkan dengan harga saat membeli yang tentu lebih murah.

Yield

Yield adalah istilah untuk keuntungan yang dihitung dari nilai sewa per tahun dibagi harga properti. Misalnya, harga properti Rp 100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

Turn Over

Turn over adalah gambaran tentang kapan waktunya suatu investasi akan balik modal.

NUP (Nomor Urut Pemesanan)

Istilah dalam property ini sering disebut priority pass. NUP adalah skema membeli properti menggunakan antrian nomor urut. NUP biasanya diberikan kepada calon pembeli potensial sebelum properti siap atau resmi dijual ke publik.

Okupansi

Okupansi adlah istilah untuk menunjukkan sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Turn Key

Kesepakatan waktu untuk serah terima kunci, misalnya dilakukan oleh kontraktor ke pengembang atau dari pengembang ke pembeli.

Komentar

Postingan Populer