Yuk, Jadi Pembeli Yang Cerdas! Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Apartemen

tips-membeli-apartemen

Tinggal di apartemen kini menjadi pilihan bagi banyak orang. Harga tanah dan bangunan yang semakin melambung menjadikan hunian vertikal ini digemari oleh banyak orang. Nah, Anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli sebuah apartemen, berhati-hatilah dalam menentukan pilihan. Tidak semua apartemen bagus untuk ditinggali lho.

Agar tidak salah membeli apartemen, di bawah ada 5 tips yang bisa Anda ikuti sebelum membeli hunian vertikal ini.

Survei Lokasi
Tips pertama adalah survei lokasi apartemen. Pilihlah apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja atau kampus. Selain itu, perhatikan pula akses jalan menuju lokasi tersebut. Jangan sampai lokasinya menyusahkan Anda untuk mencapai tempat-tempat yang harus didatangi setiap hari. Intinya, carilah apartemen yang lokasinya strategis.

Lihat Fasilitas Sekitar
Tips kedua adalah lihat fasilitas sekitar. Apartemen harus dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, stasiun, bandara, atau pusat perkantoran agar Anda tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semakin lengkap fasilitas yang ada, maka akan semakin baik untuk Anda tinggali.

Cek Kredibilitas Developer
Tips ketiga adalah pilih apartemen dengan developer terbaik. Sebelum membeli apartemen, pastikan bahwa developer bangunannya kredibel, jelas, dan memiliki track record yang bagus. Tahukah Anda bahwa tak jarang terjadi kasus bangunan mangkrak dikarenakan developer yang bermasalah? Anda dapat mencari tahu kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Cek Sertifikat Bangunan
Tips keempat yaitu cek sertifikat bangunan. Sertifikat seperti Hak Guna Bangunan (HGB), surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT) yang dimiliki developer harus Anda pastikan keaslian dan keabsahannya. Jangan lupa juga untuk mengecek sertifikat yang nantinya akan Anda terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

Ketahui Biaya Yang Akan Dikeluarkan
Tips terakhir sebelum membeli apartemen adalah mencari tau biaya yang akan Anda keluarkan jika tinggal di hunian tersebut, seperti biaya listrik, air, parkir, dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan agar cash flow Anda tetap berjalan lancar dan terencana.


Nah, itulah 5 tips yang dapat Anda ikuti sebelum membeli apartemen. Yuk, jadi pembeli yang cerdas dengan mempertimbangkan 5 hal tersebut.

Komentar

Postingan Populer