5 Tanaman Hijau Yang Efektif Sterilkan Udara Di Dalam Rumah

5 Tanaman Hijau Yang Efektif Sterilkan Udara Di Dalam Rumah
Tanaman hias yang biasa dijumpai di pekarangan rumah jelas memperindah tampilan halaman. Selain sebagai pemanis tampilan dari luar, sebenarnya tanaman hias memiliki fungsi lain lho, seperti menetralisir racun udara yang ada disekitar dan menyehatkan tubuh. Lalu, bagaimana jika tanaman hias tersebut berada di dalam ruangan? Samakah fungsinya dengan tanaman hijau itu Anda taruh dipekarangan rumah?

Tanaman hias yang sengaja diletakan di dalam ruangan, atau biasa disebut tanaman indoor, selain mempercantik ruangan juga dapat memberikan dampak pada kesehatan lho. Perasaan nyaman saat berada dalam rumah adalah harapan banyak orang karena hal ini berdampak positif bagi tubuh. Nah, ada banyak jenis tanaman indoor yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa tanaman indoor yang bisa Anda pilih:

1. Pakis Boston

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Nephrolepis exaitata ini merupakan jenis tanaman pakis-pakisan yang banyak dijumpai sebagai tanaman gantung di dalam rumah. Bentuknya yang mirip dengan tulang ikan membuat tanaman ini sering disebut sebagai fishbone fern. Pakis Boston memiliki fungsi sebagai pembersih dan pelembab ruangan sehingga udara yang ada di dalam ruangan menjadi bersih dan menyehatkan.

2. Lipen

Tanaman bernama latin Orchidaceae merupakan spesies tumbuhan berbunga. Selain cantik, tanaman ini juga memilki fungsi sebagai pembersih udara pada malam hari dan sangat cocok dijadikan sebagai aksesoris dalam kamar tidur. Karakteristik bunga anggrek yang bernafas dan mengeluarkan oksigen pada malam hari akan membuat suasana dalam kamar terasa segar.

3. Karet Kebo

Tanaman yang mampu tumbuh di ketinggian 20-30 m ini bernama latin Ficus elastica roxb. Ciri-ciri fisik dari tanaman ini adalah batang berkayu berbentuk bulat dengan warna khas coklat tua serta memiliki cabang yang tak beraturan. Daunnya tumbuh berbentuk lonjong dan runcing dipangkalnya. Selain menjadi pemanis ruangan rumah Anda, tanaman karet kebo juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti mampu mengobati rematik, stroke dan juga maag.

4. Sri Rejeki

Bernama latin Aglonema, tanaman yang dikenal dengan nama sri rejeki ini juga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam ruangan lho. Tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis ini memiliki daun menyirip yang berwarna khas, yaitu putih bercorak hijau, yang menyebar diseluruh permukaannya. Aglonema banyak kita temui sebagai tanaman hias di ruang kantor dan hotel karna tanaman ini mampu bertahan cukup lama di dalam ruangan.

5. Sirih Gading

Sirih gading merupakan jenis tanaman merambat yang biasa ditanam di pekarangan atau di dalam ruangan. Tanaman yang termasuk keluarga Araceae ini memiliki ciri fisik warna daun belang kuning cerah hingga kuning pucat. Sirih gading juga sering ditanam dengan media air. Bila sudah tumbuh lebat, maka sirih gading akan merambat dan menjuntai. Tanaman ini berfungsi sebagai Antibacterial, Anthelmintic dan Anti funga.


Itulah beberapa tanaman indoor yang menyehatkan. Ternyata selain mempercantik ruangan, tanaman hias juga menjadikan rumah sehat dan nyaman. So, semoga informasi di atas dapat membantu ya. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer