Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Liburan

Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Liburan

Tahun baru sudah di depan mata, liburan pun tiba! Siapa yang sudah punya rencana di libur tahun baru ini? Yap, biasanya orang-orang akan memanfaatkan liburan natal dan tahun baru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ke tempat-tempat rekreasi baik di dalam maupun di luar negeri. Waktu yang dihabiskan pun tidak sebentar. Biasanya mulai dari 3 hari sampai seminggu.

Tapi, kekhawatiran pasti selalu muncul saat akan meninggalkan rumah, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Tak jarang terjadi kasus perampokan rumah kosong. Nah, Anda tentu harus memikirkan hal ini sematang mungkin agar tidak terjadi kejadian yang tak diinginkan.

Lalu, bagaimana caranya agar rumah tetap aman saat Anda tidak dirumah? Dilansir dari Olympic Residence Sentul, berikut tips yang bisa Anda ikuti.

Minta Bantuan Tetangga untuk Memeriksa Hunian Secara Berkala

Pertama, Anda bisa meminta tolong kepada tetangga untuk membantu mengurus rumah. Biasanya mereka akan membantu mengurus tanaman, menyapu halaman agar tetap terlihat bersih serta menyalakan dan mematikan lampu sehingga orang lain tidak akan curiga jika pemilik rumah sebenarnya sedang berlibur.

Pastikan Peralatan Listrik dan Gas Dalam Keadaan Off

Kedua, sebelum pergi berlibur, pastikan semua alat elektronik sudah tercabut dan dalam keadaan mati atau off. Poin yang satu ini harus benar-benar Anda perhatikan. Peralatan elektronik dapat menyebabkan korsleting listrik alias arus pendek sehingga jika Anda meninggalkannya dalam keadaan menyala, akan ada resiko rumah Anda terbakar.

Melapor Pada Pihak Terkait

Jika Anda tinggal di kawasan perumahan, biasanya diwajibkan untuk memberi informasi pada pihak terkait seperti Ketua RT/RW atau kepala keamanan jika ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama. Namun, jika tinggal di apartemen, Anda bisa melaporkan bahwa Anda akan pergi berlibur ke pihak management.

Titip Hewan Peliharaan di Pet Shop

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, jangan lupa untuk menitipkannya di pet shop. Sebenarnya, bisa saja Anda mengajak hewan kesayangan Anda ikut berlibur. Namun, agar perjalanan Anda tetap nyaman, akan lebih baik jika Anda menitipkannya ke pet shop yang sudah Anda percaya. Dengan begini, si manis akan tetap sehat dan terawat.

Hindari Update di Media Sosial

Generasi milenial biasanya sangat senang berbagi di media sosial, seperti facebook, twitter, instagram dan sejenisnya. Nah, saat berlibur, ada baiknya jika Anda menghentikan sementara aktivitas media sosial Anda untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Postingan di media sosial bisa dilihat oleh siapa saja, termasuk oleh orang-orang yang berniat buruk. Jadi, menghentikan sementara aktivitas dunia maya akan membantumu terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi di rumah, seperti pencurian.


Itulah beberapa tips menjaga rumah agar tetap aman saat liburan. Sekarang, Anda tidak perlu takut lagi untuk meninggalkan rumah dalam waktu lama. Dengan begini, momen liburan pun jadi lebih menyenangkan bukan?

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer