Tinggal di Apartemen Bersama Lansia? Ini Tips dan Triknya

Tinggal di Apartemen Bersama Lansia? Ini Tips dan Triknya!

Mengajak orang tua untuk tinggal bersama di apartemen bukanlah hal yang mudah, apalagi jika orang tua Anda sudah memasuki masa lansia. Tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan agar ibu atau ayah Anda bisa merasa nyaman. Hal ini mengingat kemampuan fisik dan psikologi mereka yang sudah mengalami penurunan sehingga memerlukan perhatian khusus.

Nah, sebelum pindah, pastikan bahwa apartemen yang akan ditinggali memiliki fasilitas yang aman dan sesuai dengan kebutuhan orang tua Anda. Lalu, seperti apa sih apartemen yang seharusnya Anda pilih? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Dekat dengan Fasilitas Umum

Apartemen yang terletak dekat dengan fasilitas umum seperti taman, rumah sakit, supermarket, bank, shelter angkutan umum maupun restoran bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda.

Fasilitas seperti taman memungkinkan para lansia untuk bisa berinteraksi dengan tetangga apartemen lainnya. Hal ini penting karena interaksi dengan tetangga bisa jadi sistem pendukung tambahan bagi orang tua sehingga tidak merasa kesepian.

Selain itu, apartemen yang dekat dengan rumah sakit juga akan memudahkan Anda jika nantinya ibu atau ayah Anda jatuh sakit. Karena faktor usia, kekebalan tubuh mereka pun sudah menurun sehingga rentan terserang penyakit.

Menyediakan Fasilitas Rekreasi Pasif

Aktivitas fisik seperti berjalan santai merupakan salah satu rekreasi pasif bagi para lansia. Itu sebabnya ketersediaan jalur pejalan kaki yang luas dan terhubung dengan bangunan menjadi pertimbangan yang penting.

Di samping itu, adanya fasilitas lain seperti tempat konsultasi kesehatan, spa, perpustakaan maupun tempat meditasi atau yoga juga bisa menjadi bahan pertimbangan saat memilih apartemen untuk lansia.

Ukuran Ruangan Tidak Terlalu Luas

Para lansia biasanya mudah lelah jika harus berjalan bolak-balik dari kamar tidur ke dapur atau ke kamar mandi. Maka dari itu, mereka membutuhkan hunian yang simpel dan tidak terlalu besar agar mereka bisa dengan mudah menjangkau berbagi tempat yang ada di rumah.

Jika ingin memilih tipe apartemen yang luas, sebaiknya orang tua menempati kamar yang dekat dengan kamar mandi dan berukuran tidak terlalu luas agar bisa menjangkau kebutuhannya dengan mudah.

Perhatikan Desain Interior Apartemen

Tak hanya fasilitas dan ukuran, namun desain interior ruangan di dalam apartemen juga perlu mendapat perhatian khusus. Mulai dari pemilihan lantai yang tidak terlalu licin hingga menghindari apartemen yang memiliki perbedaan tinggi lantai agar orang tua tidak terpeleset.

Anda pun dapat memilih apartemen dengan balkon atau teras pribadi kemudian menambahkan meja dan kursi santai sebagai tempat orang tua bersantai. Selain itu, pilihlah apartemen yang memiliki desain kamar mandi ramah lansia, seperti mudah diakses menggunakan kursi roda dan memakai produk sanitari yang mudah digunakan.

Jika apartemen yang Anda beli tidak memiliki sanitari yang ramah lansia, Anda  bisa merenovasinya dengan menambahkan pegangan railing di kamar mandi, melapisi lantai dengan karpet, serta mengganti warna cat ruangan dengan warna yang lebih menenangkan.

PIlih Apartemen Lantai Bawah

Dengan tinggal di apartemen lantai bawah, orang tua Anda bisa lebih mudah kelur-masuk bangunan apartemen karena tidak perlu menggunakan lift.


Memilih apartemen yang tepat bagi lansia memang tidak mudah. Anda harus memprioritaskan kenyamanan dan kemudahan akses ke berbagai fasilitas apartemen agar orang tua dan keluarga bisa tinggal dengan nyaman dan menikmati hidup yang berkualitas.

Komentar

  1. adu ayam online terlengkap indonesia
    Taruhan S128 - SV388
    Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer